Rabu, November 3

Rumah Panggung

Sahabat hari ini saya akan membahas tentang manfaat rumah panggung bagi kita, Kuno? sepertinya tidak.

Lagi-lagi orang tua kita benar, mereka membuat rumah panggung untuk rumah tinggal dan itu ternyata banyak memiliki manfaat dan keuntungannya loh,,



Jaman dahulu orang membuat rumah panggung untuk menghindari binatang buas. sekarang  sepertinya rumah panggung merupakan pilihan yang tepat selain Pada saat air pasang atau banjir,  tempat tinggal keluarga tetap aman juga kita tidak ikut menutupi tanah, karena kita juga bertanggung jawab dalam memberikan kesempatan tanah untuk menyerap air dengan optimal.

Sahabat bisa memilih rumah panggung bergaya modern yang simpel dan nyaman atau sesuai selera sahabat, ketinggiannya pun bisa disesuaikan dengan selera sahabat.

Dahulu kolong atau bagian bawah rumah biasanya digunakan untuk memelihara ternak seperti bebek atau ayam, jika itu dirasa terlihat jorok, sahabat tidak perlu melakukannya. sahabat bisa memanfaatkan kolong untuk membuat lubang biopori dan sumur resapan (mungkin) atau kalau perlu kita bisa menanam rumput-rumput dikolong sehingga akan terasa lebih sejuk, dan sahabat bisa berkreasi mau digunakan untuk apa kolong ini

dan satu lagi kelebihan rumah panggung adalah penyesuaian suhu di dalam rumah cepat berubah karena tidak langsung bersentuhan dengan tanah atau beton sehingga sirkulasi udara lebih bagus.

Bagaimana, tertarik untuk membuat rumah panggung dan menjadi sahabat dengan bumi??

16 komentar:

  1. Rumah panggung adalah rumah yang penuh dengan seni. Meskipun klasik. Tapi itulah keunggulannya. Selain mempunyai kegunaan lain. Seperti dijabarkan oleh penulis di atas.

    Bagi sahabat yang ingin memiliki rumah panggung yang terbuat dari kayu, mohon gunakan kayu yang legal. :)

    Agar semuanya menjadi indah.

    Salam Lestari, Salam Budaya!

    BalasHapus
  2. di jakarta kalo bikin rumah panggung dari beton bagus juga tuh kayaknya... gak kebanjiran jadinya... hahahahaha!

    BalasHapus
  3. Rumah panggung merupakan cerminan local wisdom dari pendahulu kita, dimana setiap aspek hasil karya manusia sangat menghargai alam...kayanya konsep rumah panggung ini masih relevan kok untuk saat ini...btw, saya suka gambar2 rumah panggungnya..minta ijin dicopy ya :)

    BalasHapus
  4. virtual forest: bener bgt kalo mau buat rumah kayu harus yanglegal yaa,, tapi pilih aja bambu ga kalah bagus ko =)

    andreas manipulator: bener bgt!! rumah panggung dari beton juga keren ko!!!

    Todi saja: silahkan diambil mas =)

    BalasHapus
  5. keren kawan....
    saya pngn bngt punya rumah panggung....
    nice post...

    BalasHapus
  6. rumah impian banget.. betah dech d rumah

    BalasHapus
  7. hunian yang nyaman bangeeeet....
    :)
    jadi pgen....
    hehehe...
    kunjunan perdana ne teman..
    salam kenal ya..

    BalasHapus
  8. wow asyiik juga yaaa rumah panggung, dibawahnya bisa di fungsikan untuk yang lainnya. hunian asri, nyaman dan sehat... jadi kepingin niih punya rumah panggung, antik n unik.
    semoga sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    wah gimana kalu banjir hehehehehe
    unik juga sich

    BalasHapus
  10. di rumah panggung memang terasa enak kali yach jadi penasaran hehhe

    BalasHapus
  11. udah saya pasang bannerny diblog saya..
    selamat berkawand ya teman...
    semuga bermanfaat...
    :D

    BalasHapus
  12. keren banget rumah panggungnya..nice post

    BalasHapus
  13. Suatu langkah bijak membuat rumah panggung, disamping uuntuk memaksimalkan lahan, artistik, juga satu saat masyarakat akan rame2 membuatnya karena satu saat juga zaman kaum nabi Nuh akan terulang alias banjir besar2 karena ulah manusia juga

    BalasHapus
  14. Suatu langkah bijak membuat rumah panggung, disamping uuntuk memaksimalkan lahan, artistik, juga satu saat masyarakat akan rame2 membuatnya karena satu saat juga zaman kaum nabi Nuh akan terulang alias banjir besar2 karena ulah manusia juga

    BalasHapus
  15. @Domba.sehat:
    iya betul mas, mudah-mudahan rumah panggung akan segera menjadi trend dan digemari lagi oleh masyarakat luas!! terimakasih sudah berkunjung

    BalasHapus
  16. alhamdulillah....kami sudah membuat perumahan pertama di indonesia dengan konsep rumah panggung. adanya di kubu raya kalimantan barat. GRIYA PERMATA BAHAGIA.

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)