bersahabat dengan bumi

selamat datang di blog bersahabat dengan bumi, artikel yang saya kumpulkan akan disertakan dengan link-nya. jika artikel tanpa link pasti itu hasil pemikiran sendiri, semoga isi blog ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Rabu, Agustus 18

taman vertikal

taman vertikal yang saya tangkap adalah tanaman yang ditanam pada bidang miring seperti tembok, pagar,rak, atau apapun yang tidak membutuhkan lebar tanah yang besar, sebenarnya inti dari pembuatan taman vertikal ini adalah untuk menyiasati lahan yang sempit tapi tetap bisa menanam, pembuatan taman vertikal dari yang menggunakan teknologi tinggi (saya bilang tinggi karena bukan bidang saya, heheh) sampai yang sederhana bisa kita lakukan sesuai kreatifitas kita.
 bisa menggunakan tanaman rambat untuk menutupi pagar beton
 atau mau yang ini sampai menutupi seluruh permukaan tembok rumah (kalau saya mau banget!)
 menggunakan tanaman yang dipasang di planter box
 tanaman yang dipasang di planter box
 atau menggunakan pot dengan tanaman menjalar juga bagus

atau menggunakan kreasi sendi seperti dalam situs arthemia

artikel lain yang saya mengambilnya dari shvoong.com

Banyak cara membuat tamanvertikal. Bentuk sederhananya bisa menggunakan planter box atau dengan pipa PVCyang dipotong. Ada hal yang harus diperhatikan apabila menggunakan kedua mediatersebut. Beri jarak antara tembok dengan planter atau PVC, setidaknya 5 cm.Apabila tidak diberi jarak akan menyebabkan tembok cepat berlumut.

Sistemirigasi yang tepat untuk taman vertikal adalah menggunakan sprakle system. Airditeteskan melalui saluran air. Atau bisa juga memakai gel sebagai media tanam.Fungsi gel ini akan menyerap air dan dikeluarkan sesuai kebutuhan tanaman.Intensitas penyiraman tidak perlu terlalu sering.

JenisTanaman & Media tanam

Tanaman yang digunakan membuattaman vertikal biasanya berupa tanaman merambat. Namun tidak semua jenis tanaman ini bisa digunakan untuk taman vertikal. Contohnya, bougenvile. Tanaman jenis merambatini tidak bisa digunakan sebagai taman vertikal, karena mengandung unsur kayuyang membuat tanaman lebih berat. Jika ditempatkan di ketinggian dinding, planter boxtidak akan kuat menahan beban tersebut sehingga tanaman bisa jatuh. Sangat penting mempelajari dulu sifat tanaman rambat sebelum membuat taman vertikal sehingga dapat diatur pada lahan yang tersedia.

Selainitu membuat taman vertikal membutuhkan media tanam yang khusus. Media yang digunakan dalam pembuatan taman ini umumnya adalah media tanam yang ringan. Misalnya, dengan menggunakan sekam bakar dancocopeat. Selain media tanam, intensitas cahaya matahari juga menjadi faktor pertimbangan, walaupun sinar matahari tampaknya tak terlalu menjadi soal. Tinggal mengakalimemilih tanaman yang cocok.

Kalauintensitas matahari kurang, pakai saja jenis tanaman indoor plant, jenis tanaman ini tentu saja akan lebih tahan meski hanya terkena intensitas matahariyang minim. Meski taman vertikal membutuhkan perawatan ekstra, tak ada salahnyabereksperimen.

saya juga menemukan perusahaan yang menjual planter box dan material hingga pemasangan untuk vertikal garden VGM Vertical Landscape (bukan maksud promosi) mudah-mudahan bisa membantu

lebih banyak membahas vertical garden
yogiebalance.blogspot.com


baca juga yaa



3 komentar:

Aini mengatakan... Reply

waaah... aku pengeeen bangetz buat seperti itu, tapi gak tau mulai dari mana....
*_*

lulu mengatakan... Reply

mbak aini: iya mbakk saya juga pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget punya taman vertikal kayak gini.. keren yaaa :D

Anonim mengatakan... Reply

keren bgt kaya rumah hobbits

Poskan Komentar

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)