Rabu, Agustus 18

yang kita lakukan untuk bumi

mengutip dari mumtazanas.wordpress.com
banyak cara untuk mebuat kita sehat dan bumi kita bersih beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah



1. Bersepeda atau jalan kaki untuk jarak pendek
Dengan menghemat energi kita melakukan dua hal; mengurangi beban anggaran pemerintah dan mengurangi emisi gas mesin ke udara.

2. Gunakan produk hemat energi
Yang paling mudah dilakukan adalah mengganti lampu pijar dengan lampu CFL. Tahukah kamu jika lampu pijar (bohlam) merubah 85% energi listrik menjadi panas bukan cahaya.

3. Hemat penggunaan kertas
Hal ini juga termasuk hal yang mudah bagi kita yaitu berhemat penggunaan kertas. Lebih baik gunakan media digital, jutaan lembar kertas jika kita mengkonversinya kedalam bentuk digital. Gunakanlah kertas bekas pakai, menggunakan dua sisi kertas turut menghemat pemakaian kertas di bumi.

4. Matikan listrik untuk berhemat
Proses produksi listrik menghasilkan gas rumah kaca. Dengan menghemat pemakaian listrik turut mengurangi emisi gas rumah kaca.

5. Menghijaukan lingkungan kita
Kamu bisa menanam pohon-pohon di sekitar rumah kamu. Jika kamu tinggal di dekat hutan harus aktif mengkampanyekan penghentian pembakaran hutan untuk pembukaan lahan. Tahukah kamu laju kerusakan hutan sekitar 2,2 juta ha per tahun, tak heran jika sektor kehutanan merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di Indonesia.

6. Memanfaatkan sampah
Tahukah kamu bahwa sampah itu menghasilkan gas metana dalam proses pembusukannya dan gas ini 21 kali lebih besar berpotensi penyumbang gas efek rumah kaca dibanding karbondiokasida.
Gunakanlah produk-produk hasil daur ulang agar sampah menjadi berkurang. Mengelompokkan jenis sampah juga akan memudahkan bagi orang yang akan mengolahnya lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)