Rabu, Agustus 18

taman atap

seperti yang dibahas oleh situs warga negara tentang bangunan menyelamatkan bumi saya tidak akan banyak membahasnya karena dalam situs itu sudah sangat lengkap, sedikit mengutip isi tulisan tersebut berikut adalah beberapa kriteria rumah Untuk mendapatkan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi :

  1. Pohon disekitar banguan yang dapat melindungi dari terik matahari dan sebagai resapan air.
  2. Bentuk denah bangunan yang dapat terjamin keluar masuknya udara dan terjadi tukar silang secara pencahayaan alami.
  3. Bentuk atap seperti loteng yang dapat mngisolasi atau menghambat datangnya panas secara langsung ke dalam bangunan sehingga tidak menyebar ke seluruh permukaan ruangan. Gunakan platfon agar tetap nyaman dan baja yang memiliki keunggulan lebih kuat, antikarat, antikeropos, antirayap, lentur, mudah dipasang, dan lebih ringan sehingga tidak membebani konstruksi dan fondasi, serta dapat dipasang dengan perhitungan desain arsitektur dan kalkulasi teknik sipil. Atap-atap bangunan dikembangkan menjadi taman atap (roof garden, green roof) yang memiliki nilai ekologis tinggi (suhu udara turun, pencemaran berkurang, ruang hijau bertambah).
  4. Tinggi bangunan yang sesuai dengan kondisi bangunan yaitu 2-3 meter.
  5. Ventilasi atau jendela yang cukup untuk masuknya sirkulasi udara terhadap ruangan agar tidak lembab dan pengap. Gunakan ventilasi silang yang bersebrangan. Unutuk kusen jendela dan pintu gunakan alumunium karena dapat didaur ulang, bebas racun emisi, praktis, mengurangi transmisi panas, tahan lama, lebih kuat, antikarat dan banyak pilihan warna yang lebih menarik.
  6. Warna atap yang menimbulkan atap terang akan lebih sejuk.
  7. Perancangan peletakkan lampu dengan meletakkan satu lampu ditengah ruangan dan tidak perlu menggunakan banyak lampu.
  8. Bahan dinding yang mampu menyerap panas matahari dengan baik yaitu batu bata alami atau fabrikasi batu bata ringan (campuran pasir, kapur, semen, dan bahan lain) memiliki karakteristik tahan api, kuat terhadap tekanan tinggi, daya serap air rendah, kedap suara, dan menyerap panas matahari secara signifikan.
yang akan bahas disini adalah mengenai Rooftop ganden atau taman atap. ada beberapa yang akan saya bahas mulai dari pembuatan, pilihan tanaman hingga perawatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)