Rabu, Agustus 18

pembuatan taman atap

Taman diatas atap dapat menyerap panas matahari yang jatuh diatas dak beton rumah kita. Taman ini juga menyerap gas beracun disekeliling rumah, menyaring udara kota yang berpolusi dan berdebu, serta menyerap sinar ultraviolet sebelum masuk atau memantul dalam rumah, sehingga rumah lebih sejuk.

saya mengambil dari desainlansekap.com  dan astudioarchitect.com


Struktur Taman Atap
. Atap dak didesain sedemikian rupa dengan kedalaman antara 30-50 cm dengan dibatasi dinding sesuai dengan kedalamannya. Setelah siap semua berikut ini adalah beberapa lapisan yang dibutuhkan untuk melindungi ruang di dalam bangunan dan sebagai media tanam untuk tanaman yang akan letakkan pada bagian atas bangunan.

    Lapisan dak
    Lapisan yang paling bawah atau tepat di atas dak adalah lapisan pelindung utama.

    Waterproofing
    Lapisan kedua adalah waterproofing. Waterproofing terdiri dari 2 jenis, yaitu jenis membrane atau lembaran dan screed yang berupa cairan layaknya kita mengecat dinding.

    Protection layer

    Protection layer adalah lapisan pelindung ketiga dari dak yang ada di atas ruang rumah kita.

    Drainage layer
    Drainage layer merupakan lapisan drainase untuk aliran air yang ada di area tanam

    Filter Fabric
    Filter fabric atau geotextile adalah lapisan penyaring dari air. Untuk di kolam lapisan ini diperuntukkan sebagai penyaring kotoran tanah agar tidak naik ke permukaan air dan membuat keruh air yang ada di kolam.

    Media tanam
    Lapisan terakhir adalah lapisan media tanam. Lapisan ini penting untuk pertumbuhan tanaman kita





atau jika kita sudah memiliki konstruksi dak beton untuk rumah kita, kita dapat langsung menggunakan cara dibawah ini:



Taman diatas atap ini dibuat diatas dak konvensional, yang sudah diberi lapisan waterproof. Lapisan waterproof digunakan agar air tidak merembes secara terus-menerus yang dapat mengakibatkan korosi tulangan besi dalam dak beton. Selain itu, dak yang digunakan harus memiliki kemiringan yang dapat mengalirkan air ke saluran pembuangan air dalam dak. Berikut ini lapisan demi lapisan dalam konstruksi taman diatas atap ini:

   1. Dak beton yang diberi lapisan waterproof
   2. Diatas dak beton, diberi lapisan selang-seling bata dan kerikil (batu-batu kecil)
   3. Diatas lapisan bata, adalah lapisan pasir
   4. Lapisan tanah sebagai medium tanaman, sekitar 20 cm.

atau ingin yang lebuih simpel lagi??
mudah!! buat saja taman atap dengan mnggunakan pot-pot yang diatur sedemikian rupa supaya terlihat cantik  atau menggunakan box-box untuk berbagai tanaman, mudah dan pastinya tidak memerlukan biaya yang besar toh niat kita adalah untuk menghijaukan bumi jadi apapun dan sekecil apapun pasti sangat bermanfaat,,,




3 komentar:

  1. bagaimana klo membuat gerakan green rooftop...dgn mnajak org bramai-ramai untuk menghijau kan bumi dimulai dr atap rumah nya...jadikan green rooftop sebagai gaya rumah idealis seperti model rumah yg minimalis saat ini.

    BalasHapus
  2. iya betul ayo kita mulai mengajak semua orang untuk melakukannya, dimuali dari yang terkecil sahabat, teman dan keluarga. mudah2an ini jadi suatu permulaan yang baik yaa... ayo ayo kita mulai :D

    BalasHapus
  3. Terimakasih, sangat membantu dalam pembuatan tugas saya:)

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)