Sabtu, Agustus 21

air minum kemasan

murah dan praktis!
itu yang pertama akan terlintas dibenak!!
saya sendiripun sering memakainya dalam beberapa hal









yang paling bagus seharusnya memang memakai tempat minum yang bisa dipakai kembali seperti kita waktu TK! namun berbagai alasan membuat kita tetap memilih air dalam kemasan yang banyak dijual.

tapi sebagai sahabat bumi yang baik jika kita memang terlanjur dan sering membeli air dalam kemasan plastik ada baiknya jika kita melakukan sesuatu untuk tidak menambah jumlah sampah plastik di lingkungan kita bagaimana caranya?
1. jangan buang botol/gelas kemasan disembarang tempat (pasti) buang sampah pada tempatnya apalagi jika disediakan tempat sampah khusus untuk anorganik,
 

2. lebih baik pilih yang botol daripada kemasan gelas untuk lebih meminimalisir sampah
 
3. jika tidak menemukan tempat sampah lebih baik kemasan di pipihkan dan dibuat sekecil mungkin dan simpan dahulu didalam tas.
 
4. kumpulkan kemasan plastik dan berikan pemulung untuk didaur ulang
5. jika kalian kreatif daur ulang sendiri kemasan plastik dan dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat

lebih baik lagi kalau kalian memang tidak memakainya, gunakan saja tempat minum yang memang diperuntukan untuk beberapa kali pakai. selamat mencoba=)

update: malah saya baru menemukan blog yang memiliki visi yang sama tentang alam yang berjudul air minum dalam kemasan beli air atau sampah

akan saya ulas sedikit isi tulisan mas alam ini:

Beli Air atau Sampah?. Biar jelas mari kita bandingkan dengan harga air isi ulang, satu galon air minum isi ulang isi 19 liter dapat kita beli dengan harga berkisar antara Rp. 9000,00 hingga Rp. 11.000,00. Dengan harga Rp. 11000,00 (harga maksimal) pergalon (19 liter) berarti per-ml harga air isi ulang hanya Rp. 0,58 (Rp. 11.000 : 19 liter : 1000 ml). Harga air isi ulang yang hanya Rp. 0,58 per-mililiter ini kita asumsikan sebagai harga air minum.

Sampah plastik yang kita beli setiap minum air kemasan

Dengan harga air yang Rp. 0,58 /ml berarti saat kita membeli air minum dalam kemasan ukuran gelas (240 ml) seharga Rp. 500,00 air yang kita minum hanya seharga Rp. 138,95. Selisihnya, Rp. 361,05 kita gunakan untuk membeli kemasan gelasnya.

Ternyata kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 360 hanya untuk membeli kemasan gelas plastik yang tidak dibutuhkan. Jika rata-rata sehari kita membeli ‘hanya’ dua gelas air minum dalam kemasan, berarti tanpa sadar dalam sebulan kita telah membuang uang sebesar Rp. 21.000,00 hanya untuk membeli sampah plastik.

tuh kan sahabat ternyata membeli air dalam kemasan itu merugikan =)

4 komentar:

  1. wahh,, mahal jga ya duit buat beli sampah plastik,, aku pke galon aja ahh.. haha..

    BalasHapus
  2. Pada saat ini bisnis / usaha produk makanan /minuman di Indonesia terus tumbuh luar biasa, namun sangat sedikit yang bisa menembus pasar internasional karena terganjal di sisi kemasan yang kurang menarik, bahkan ada yang sebetulnya dari sisi produk bagus namun karena desain kemasan jauh dari menarik atau terkesan "ndesani" sehingga sedikit sekali konsumen meliriknya. mau kemasan yang keren dan murah ? buka : www.packagingdesign.multiply.com / www.pesandesainkemasan.wordpress.com

    BalasHapus
  3. Pada saat ini bisnis / usaha produk makanan /minuman di Indonesia terus tumbuh luar biasa, namun sangat sedikit yang bisa menembus pasar internasional karena terganjal di sisi kemasan yang kurang menarik, bahkan ada yang sebetulnya dari sisi produk bagus namun karena desain kemasan jauh dari menarik atau terkesan "ndesani" sehingga sedikit sekali konsumen meliriknya. mau kemasan yang keren dan murah ? buka : www.packagingdesign.multiply.com / www.pesandesainkemasan.wordpress.com

    BalasHapus
  4. septian: hhahah bener juga ya mas mending pake galo aja... hahahaha

    desainkemasanonline: terimaksih sudah berkunjung dan memberi informasi =)

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)