Rabu, Februari 2

Car Freeday

jalan Simpang Dago (Jl Ir H Djuanda) Bandung hingga ke Jl. Cikapayang dan arah sebaliknya bersih dari kendaraan bermotor pada hari minggu dari jam 6 pagi hingga jam 10 pagi. semua orang tahu itu dan mungkin hampir semua orang pernah merasakan istimewanya car freeday ini.

bersyukur akhirnya kita bisa merasakan ketenangan berjalan tanpa harus stres dengan  bisingnya suara knalpot motor racing, saut menyaut klakson, umpatan-umpatan, kecelakaan, asap hitam yang mengepul terlambat karena macet total, dan lain lain dan lain lain  walaupun hanya 4 jam saja.

penasaran saya dengan respon orang-orang dalam menanggapi adanya car freeday ini, iseng saya bertanya pada beberapa sahabat mengenai car freeday ini (ga penting si..) dan ini beberapa jawaban yang berhasil saya kumpulkan dari 5 orang yang berhasil saya tanya.


1.         Tau car freeday ga?
jawaban
a: oh yang dijalan dago ya, jam 6 ampe jam 10kan?
b: tau. didagokan hari minggu pagi
c: ...... gatau (garuk-garuk kepala)
d: Hari Bebas Kendaraan Bermotor
e: mobil yang dipake dihari jumat ya?

2.         Pernah kesana ga?
jawaban:
a: beberapa kali
b: pernah sih
c: belum
d: pernah
e: belum, eh dimana tadi di dago jam 6 ampe jam sepuluh (garuk-garuk) oh pantesan ga boleh lewat..

3.         Setuju ga si diadakan car freeday ini:
jawaban
a: setuju
b: setuju
c: ..........
d: setuju
e: setuju

4.         Tau ga diadakan acara ini untuk apa:
jawaban
a: sosialisasi, ngeceng, jalan-jalan abis itu shopping deh
b: yah sesuai temanya berarti bebas dari kendaraan bermotor serasa jalan milik kita
c:yang jualannya banyak kayak digasibu ga?
d: sosialisasi kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. jadi tinggalkan kendaraan dirumah dan ayo kita jalan kaki dan bersepeda.
e:paling-paling acara musiman tar juga ilang sendiri, kayak sekarang pada hobi pake sepedah hahaha ntar juga bosen sendiri

5.         Manfaat apa yang bisa kita ambil dari acara ini?
a: sosialisasi, ngeceng siapa tau dapet pacar baru hahahaha
b: lumayanlah bisa kita bisa nikmatin bandung tanpa suara bising dipagi hari jarang-jarangkan gapernah malah jalan-jalan dibandung sepi.
c: oh gada yang jualan... trus ngapain disana?
d: menanamkan pikiran positif pada kita semua terutama anak-anak supaya tidak tergantung pada kendaraan
e: ya lumayan orang yang gasadar lingkungan juga jadi bisa ikut serta walo gangerti maksudnya apa,, dan kalo yang berpartisipasi disitu tetep buang sampah sembarangan sama aja bohong..

6.         harapan kedepan tentang car freeday:
jawaban
a: mmm,, ya jangan ampe ilang de acara kayak gini, kapan lagi coba warga bandung ngumpul bareng?
b: ditambah jangan di dago aja kalo bisa semua bandung ato semua indonesia tanpa kendaraan bermotor, maksimalkan fungsi kereta api, ilangin semua motor dan mobil, pajakin yang gede dan musnahkan semua kendaraan apalagi angkot,, cari solusi terbaik hahahahaha amin.
c: kalo ada yang jualan pasti dateng..
d: mudah-mudahan ini adalah awal menuju kesadaran lingkungan yang lebih baik, saya harap semua orang pada generasi nanti akan menyadari pentingnya menghargai alam dan bukan hanya dijadikan polesan. mudah-mudahan adanya car freeday ini juga "ngabibitaan"(mmm,, saya bingung translate ke bahasa indonesianya) orang-orang yang tergantung sama kendaraan untuk mulai melepas ketergantungannya, dan bisa tercipta bandung bebas kendaraan bermotor tanpa adanya program apalagi paksaan.
e: mudah-mudahan bukan cuma euphoria sesaat dan setelah itu hilang, tanpa perlu datang kesana pun kita masih bisa melakukan sesuatu untuk bumi, dan tidak perlu atribut "pencinta Alam" untuk mencintai alamkan??

wah sahabat, bagaimana dengan sahabat?
kalau utuk saya pribadi si apapun alasannya, apapun motif-nya, apapun niat-nya, ini adalah awal yang baik tergantung kita menyikapinya, saya pribadi menyukai acara ini (walau tidak selalu kesana) setidaknya dengan adanya car freeday akhirnya mengajak dan memfasilitasi lebih banyak orang untuk menikmati pagi yang tenang diBandung, mudah-mudahan ini akan menjadi awal yang baik dan menyentuh hati setiap orang yang merasakannya kerinduan akan bandung yang sejuk dan nyaman. amin

2 komentar:

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)