Minggu, September 5

mudik,, mudik,, mudik..

musim lebaran berarti musim mudiiiikk!!!


beruntunglah sahabat yang punya tempat untuk mudik (sirik) hahahah karena jika ritual mudik lebaran selalu tempat sayalah yang dijadikan tempat mudik semua kerabat dari berbagai pelosok tanah air (secara aku tinggal dekat dengan rumah nenek dari kedua orang tua dan orang tuaku memang anak tertua, shhh)

senang si bisa berkumpul dengan semua keluarga apalagi yang sulit bertemu, tapi kadang-kadang ingin juga sekali-sekali akulah yang pergi keluar kota untuk mudik (hehehe)

dan seperti tuan rumah pada umumnya kita mempersiapkan banyak hal untuk menyambut para pemudik, yaaa mulai mempersiapkan makanan, barang-barang kebutuhan selama pemudik datang, dan tentu saja mempersiapkan fisik karena pasti dibutuhkan tenaga ekstra untuk mengakomodasi mereka hahahahaha

untuk sahabat yang kebetulan mudik juga saya ucapkan selamat mudik yaaaa... =)

ingat 'amankan' rumah sebelum ditinggalkan, yah mungkin terdengar basi tapi kan tidak ada salahnya untuk mengingatkan =)

  • periksa kompor anda apalagi yang memakai gas, lebih baik cabut saja dahulu regulator-nya
  •  (supaya lebih aman)
  • cabut saja kabel peralatan listrik, untuk menghindari arus pendek, juga membuat peralatan listrik lebih awet. 
  • titipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik. Minta nomor telepon tetangga terdekat yang    tidak mudik agar bisa tetap berkomunikasi dan memberitahu jika terjadi sesuatu.
  • Berkoordinasi dengan RT/RW dan petugas keamanan di wilayah kita
  • Beri uang tips petugas keamanan agar ”lebih” mengawasi rumah kita.
  • daaan, Sebelum pergi pastikan semua pintu rumah terkunci.
poskota.co.id

oia untuk sahabat yang punya tanaman yang harus melakukan beberapa perawatan seperti
  • Beda jenis. Bedakan antara tanaman panas dan teduh. Jika memang tanaman panas, berarti tak perlu perawatan khusus. Beda jika tanaman teduh, harus disimpan di tempat teduh.
  • Tanaman yang kuat. Tanaman sansiviera atau lidah mertua cukup kuat ditinggal 3-6 minggu atau disimpan di dalam ruangan tanpa pendingin udara. Sansiviera dan aglonema tahan di dalam dan luar ruangan. Philodendron juga bisa hidup dengan cahaya di dalam ruangan.Adaptasi. Seminggu sebelum pergi, tanaman di dalam ruangan keluarkan lebih dulu. Lalu, kenakan ke sinar matahari langsung beberapa saat, baru bawa ke dalam lagi. Kemudian ambil piring plastik yang sudah diisi air. Letakkan pot tanaman di atas piring tersebut.
  • Bungkus plastik. Tanaman bisa dibungkus plastik. Tak perlu khawatir tanaman mati. Tanaman mengambil oksigen, plastik mengeluarkan karbondioksida. Cara ini banyak digunakan di luar negeri yang mengalami empat musim.
  •  "Infus". Cara lain, isi plastik dengan air. Lalu ikat yang kuat dengan tali. Di ujung bawah plastik, lubangi sebesar jarum jahit. Yang penting air bisa keluar tapi tidak terlalu cepat. Jika pot agak besar, plastik bisa diletakkan di media tanam. Kalau kecil, simpan tanaman di bawah gantungan plastik. Jadi, air mengalir pelan-pelan. Jika lubang terlalu besar, bisa-bisa malah kelebihan air dan akan jadi busuk.
  •  Semprot hormon. Ini adalah cara paling ampuh. Tanaman yang tadinya hanya kuat ditinggal 2 minggu, dengan menyemprotkan hormon akan bertahan sampai 6 minggu. Caranya, larutkan cairan hormon dalam air dengan perbandingan 1 ml : 1.000. Tiga hari sebelum pergi, semprotkan ke daun tanaman saja. Airnya akan mengalir ke bawah. Cukup sekali menyemprotnya.
  • Tes dulu. Untuk mengetahui kandungan air, celupkan jari tangan ke media tanam. Kalau tangan terasa lembap, berarti tanaman masih cukup air. Sebaliknya, jika terasa kering, tanaman perlu disiram.
  • Tanaman dalam ruang. Tanaman yang disimpan di dalam ruangan sebaiknya tanaman yang sudah lama ditanam, bukan tanaman yang baru dibeli lalu disimpan di dalam. Sudah pasti mati.
  • Jangan langsung disiram. Begitu datang dari mudik, tanaman jangan langsung disiram. Keluarkan dulu dari ruangan, kenakan sinar matahari pagi. Baru setelah itu disiram. Pemberian pupuk bisa dilakukan setelah 1-2 minggu. Kalau langsung dikasih pupuk, malah akan bersifat racun karena tanaman tidak akan bisa menyerap.
  • Peremajaan. Lakukan pruning atau pemangkasan untuk peremajaan, agar tanaman pun merasa segar dan siap tumbuh atau berbunga lagi.
.tabloidnova.com

oke slamat mudik dengan tenang dan aman sahabat =)

6 komentar:

  1. salam sahabat
    ayo mudik..semoga selamat sampai tujuan ya sis

    BalasHapus
  2. amiiiin,,, mudah-mudahan semuanya dilindungi sampai tujuan =) ya mbak dhana

    BalasHapus
  3. Moga para pemudik selamat sampai tujuan. amin. :D

    BalasHapus
  4. tipsnya bermanfaat nihh... Eh, Met lebaran yah, Maafkan saya lahir batin..

    BalasHapus
  5. Ikutin saran mba, mudik saya lancar.. hihi
    salam kenal

    BalasHapus
  6. minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin untuk semua sahabat =)

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)