Jumat, September 24

hindari kantong plastik

No : KH.00.02.1.55.2890 PERINGATAN PUBLIK TENTANG KANTONG PLASTIK "KRESEK" nomor KH.00.02.1.55.2890

      sekali lagi saya menulis tentang plastik, dan memang takkan bosan  saya untuk membahasnya lagi dan lagi untuk selalu mengingatkan setiap orang  betapa bahayanya spesies bernama plastik ini!

     Sebagian reaksi orang sekitar sayapun masih banyak yang bereaksi acuh tak acuh dan malah menganggap saya berlebihan dan sekarang akan saya bahas apa saja bahaya plastik ini dan kenapa saya ngotot untuk meminimalisir penggunaannya tentu saja kita tidak bisa lepas 100% dari plastik karena harus diakui bahwa plastik ini juga mempunyai banyak manfaatnya. tapi setidaknya MENGURANGI yang tidak penting dan mulai bijaksana dalam memilih produk yang akan dibeli dan lihat segi penggunaanya.


    Ini adalah beberapa masalah yang ditimbulkan plastik:
  • yang pasti kalau kita buang plastik ini kesungai, pasti menghambat laju air dan membuat banjir.
  • dan tau ga sahabat kalau kita bakar sampah plastik ini akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan, pada proses pembakaran yang tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.
  • jika dibuang begitu saja diatas permukaan tanah dan dibiarkan tertimbun  membutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna.
  • dan tahukah sahabat ternyata bukan saja berbahaya setelah pemakaian (bingung buangnya) tetapi juga pada saat pembuatannya juga berbahaya loh, kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. waw kebayang ga sahabat berapa banyak lagi pohon yang haus ditebang untuk menjadi sesuatu yang akhirnya merusak juga. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah (TPA), sampah plastik mengeluarkan gas rumah kaca.
    Dan apa yang terjadi disekitar kita:
  • supermarket dan toko-toko dengan sukarela membagi-bagikannya dengan gratis spesies ini.
  • air minum kemasan gelas dan botol ramai-ramai dibeli demi alasan praktis, tapi jika kita berfikir lagi kenapa tidak memakai kemasan yang bisa dipakai berulang kali dan aman tentunya dari pada menggunakan yang sekali pakai buang
  • meminta kantong kresek setiap membeli sesuatu ditokobuku, penjual gorengan, penjual pinggir jalan, padahal masih bisa ditenteng tanpa kantong, atau kenapa tidak bawa saja kantong kain
dah hasilnya:

mau diapakan sampah plastik ini??
membiarkan mereka beranak cucu? sepertinya bukan ide yang bagus karena katanya kalau plastik-plastik ini dibentangkan maka dapat membungkus permukaan bumi hingga 10 kali lipat


apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi perkembang biakan mereka:

seperti yang saya tulis di artikel saya sebelumnya
sahabat jika ada yang mau ditambahkan silahkan, dengan bebas berkomentar akan sangat bahagia sekali rasanya jika sahabat semua merespon tulisan saya ini apalagi membantu menggaungkan semangat ini terimakasih =)

jika sahabat merasa sama prihatinnya dengan saya dan jika sahabat merasa perlu memberitahu dan mengajak semua orang silahkan dengan bebas copy artikel ini.


4 komentar:

  1. nice post...
    lamz knl y gan...

    BalasHapus
  2. @sibutiz:

    wah terimakasih gan komentarnya, salam kenal juga

    BalasHapus
  3. Ijin copas ya utk kampanye bebas plastik

    saya tambahkan juga utk mengurangi plastik adalah membawa botol air minum yg bisa dipake berulang2 kemanapun pergi. seperti saya yg sudah mempraktekannya. cinta bumi dan cinta pada diri sendiri ^_^

    BalasHapus
  4. @Ricky:

    silahkan dan sebarkan sebanyak-banyaknya kita tularkan virus positif ini :D

    BalasHapus

silahkan berkomentar dengan bebas, siapapun, kapanpun tanpa nama sekalipun yang baik dan yang buruk silahkan yang penting dari hati =)